Selasa, 09 November 2010

Menyingkap Tabir Makna di Balik Kehidupan

Oleh : Irma Yulianti

“ setiap peristiwa demi peristiwa yang terjadi pada setiap insan merupakan realitas kehidupan yang menyimpan sejuta makna dan hikmah terpendam didalamnya”. (IY)


Gemerlap kehidupan dunia manusia memang selalu penuh teka-teki dan menarik untuk diperbincangkan sebagai bahan kajian bagaimana seharusnya setiap manusia bisa menyingkap misteri kehidupannya dan makna dibalik setiap peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan. Peristiwa demi peristiwa mewarnai panorama kehidupan manusia. Gemerlap kehidupan manusia menyiratkan sejuta makna dan hikmah melalui berbagai peristiwa yang dilaluinya. Dibalik kehidupan manusia yang berpelangi menyimpan guratan berjuta makna dan hikmah dari peristiwa-peristiwa yang dilalui oleh manusia. Dengan panorama kehidupan manusia yang semakin kompleks seiring perkembangan jaman akankah insan dapat menyingkap tabir makna di balik setiap kehidupannya? Semoga!

Manusia sejatinya adalah makhluk social yang bergantung pada orang lain. Predikat manusia sebagai makhluk “ homo socious” manusia tidak terlepas dari interaksi social diantara sesama manusia. Dari interaksi tersebut meninbulkan sebuah respon tindakan-tindakan dan dari tindakan tersebut tercipta sebuah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada manusia. Setiap peistiwa-peristiwa itu menyimpan sejuta makna kehidupan dan menyiratkan lautan hikmah terpendam. Untuk itulah harus pandai untuk menyingkap tabir makna dibalik setiap peristiwa yang menimpanya. Setiap peristiwa demi peristiwa yang terjadi penuh dengan guratan misteri makna dan hikmah yang harus dipecahkan serta harus dicari oleh setiap pelaku karena bisa jadi makna dan hikmah tersebut dapat memberikan pelajaran dan manfaat besar bagi manusia yang menemukannya.

Pluralitas kehidupan manusia semakin kompleks seiring dengan perkembangan zaman. Apalagi diera modern seperti sekarang ini, dimana ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang sangat pesat. Sehingga memungkinkan manusia mengalami berbagai peristiwa-peristiwa yang terjadi apakah peristiwa-peristiwa itu hanya sebatas sebuah fatamorgana belaka ataukah menyimpan sejuta misteri dan makna yang perlu dicari maknanya.

Setiap insan memang memiliki sifat, kepribadian dan gaya hidup yang berbeda-beda dan unik. Karena itulah setiap manusia itu memiliki dunia kehidupan tersendiri, bagaimana mereka harus menyikapi peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupannya. Manusia yang dapat menyingkap makna dari setiap peristiwa yang dilaluinya adalah manusia sejati yang memahami benar hakikat dirinya serta memahami bahwa hidup di dunia ini hanyalah sebuah titipan. Artinya bahwa kita hidup di dunia hanyalah sebentar. untuk itulah perlunya kita dapat menyingkap tabir makna di balik kehidupan kita.

1 komentar: