Jumat, 04 Januari 2013

Resolusi Tahun Baru


Oleh : Irma Yulianti

Sebuah resolusi dilakukan  tidak hanya  menunggu  tahun baru saja namun resolusi sudah seharusnya  tetap ada dalam diri kita dimana pun dan kapan pun. So, unlimited resolution for change.

Perayaan pergantian tahun baru memang memiliki sensasi resolusi tersendiri bagi setiap orang. Bagaimana tidak, di tahun baru hampir semua orang mengikrarkan resolusi-resolusi kemajuan di masa mendatang. Sungguh luar biasa apa yang dilakukan umat manusia di pergantian tahun baru. Kalimat “ tahun depan harus lebih baik”  kalimat itulah yang sering menggema menjelang tahun baru yang menjadi esensi dari pergantian tahun baru itu sendiri.
Menyongsong tahun baru dengan beragam resolusi untuk menuju kearah yang lebih baik, kerap kali dilakukan oleh manusia di seluruh dunia. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang mempunyai sebuah resolusi bagi kehidupan masa depannya. Kata “resolusi” seolah telah menjadi trending topic setiap menjelang akhir tahun. Bagaimana tidak, akhir tahun menjelang pergantian tahun baru, resolusi menjadi hal yang di rencanakan dan diimpikan oleh banyak orang di dunia. Menutup akhir tahun dengan lembaran-lembaran baru dan mengisinya dengan goresan resolusi.
Resolusi tahun baru sendiri  adalah sebuah istilah yang paling banyak digunakan oleh manusia di seluruh belahan dunia, sebagai sebuah bentuk harapan dan komitmen untuk pencapaian baru dalam berbagai hal di tahun baru. Setiap akhir tahun, bahkan banyak orang di belahan bumi lain pun tak luput untuk mencoba membuat resolusi-resulusi dalam dirinya untuk memperbaiki dan kemajuan diri di tahun baru. Lalu bagaimanakah dengan resolusi Anda di tahun 2013?
Tahun baru adalah momentum untuk membuat resolusi-resolusi tentang pencapaian-pencapaian baru bagi kemajuan masa depan. Bahkan banyak orang kerapkali membuat resolusi tahun baru hanya sebatas tekad atau niat dalam hati saja. Akan tetapi begitu sampai akhir tahun, resolusi yang diinginkan sebelumnya hampir tenggelam oleh rutinitas kesibukkan yang tidak berdampak positif bagi pencapaian resolusinya.

Di tahun baru banyak orang yang begitu semangat mencanangkan resolusi tahun baru untuk kemajuan masa depannya. Bahkan tak sedikit orang yang menuliskan resolusinya dengan baik. Resolusi tentang pencapaian karir, studi, prestasi, dan bahkan pencapaian jodoh sekalipun menjadi daftar resolusi banyak orang. Tahun baru tampaknya akan menjadi momen pencapaian masa depan setiap orang. Pancaran semangat resolusi terlihat jelas disetiap mata mereka yang bersungguh-sungguh berkomitmen terhadap resolusinya. Yang perlu mereka lakukan adalah untuk tetap menjaga semangat resolusi  itu sepanjang tahun, sehingga resolusi yang diharapkan dapat tercapai. Memang tidak mudah, mengingat seringkali kita dilanda badai yang dapat melemahkan semangat jiwa. Meski begitu, jika kita mempunyai kekuatan komitmen dan keyakinan terhadap resolusi yang kita buat, maka badai itu tidak akan meruntuhkan kekuatan yang kita miliki.
Itulah gambaran bagaimana cita, mimpi, dan harapan-harapan mereka di tahun baru yang dituangkan dalam satu resolusi. Sungguh luar biasa bukan apa yang dilakukan orang dalam pergantian tahun baru. Realitas ini, tidak dapat kita pungkiri bahwa tahun baru memang menjadi tahun resolusi bagi pencapaian kemajuan masa depan manusia di seluruh dunia. Namun, dibalik resolusi singkat selama kurun waktu satu tahun merupakan cambuk bahwa kenyataan satu tahun telah berganti dan bahkan tidak terlalu banyak yang kita lakukan terhadap resolusi kita di tahun tersebut. Setelah itu, resolusi kita menumpuk di tahun berikutnya.
Melihat realitas ini, terlintas dalam pikiran penulis mengapa banyak orang yang membuat resolusi hanya terbatas pada pergantian tahun baru saja? Mengapa tidak setiap hari atau bahkan saat ini juga?. Memang terkesan sulit apalagi untuk standar kita yang masih belum terlalu mementingkan pentingnya sebuah resolusi diri. Namun, apabila kita menyadari betapa pentingnya resolusi bagi pencapaian kemajuan masa depan tidak menutup kemungkinan harapan dan mimpi kita akan tercapai tentu saja diiringi dengan tindakan riil. Untuk itu, sejatinya resolusi tidak hanya dilakukan di tahun baru saja namun seharusnya tetap ada dalam diri kita kapan pun dan dimana pun. So, Let’s we do an infinite resolution for all change!



1 komentar:

  1. simpel tapi padat
    OPPO ini emang gadget idaman
    semoga ane bisa cepet punya, amin amin amin

    BalasHapus